HPN (Hari Pers Nasional) diatas Kapal Aceh Hebat 2 Detail

Kamis, 11 Februari 2021


Iemasen uleekareng-Para wartawan di Aceh memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 di atas KMP Aceh Hebat 2 yang berlayar di perairan Banda Aceh  Selasa (9/2/2021) pagi. Para wartawan yang datang dari berbagai daerah di Aceh itu berkumpul di ruang penumpang kelas 1.

Di dalam kapal, wartawan dan tamu undangan mengikuti puncak peringatan HPN nasional secara daring, dengan mendengarkan sambutan Presiden RI, Joko Widodo, melalui layar televisi di ruangan kapal tersebut.

Selama berlangsungnya peringatan HPN, kapal berlayar dengan mengitari perairan di sekitar Banda Aceh Usai kegiatan, para wartawan dan tamu undangan memanfaatkan untuk mengelilingi kapal berbobot 1:100 GT ini.

Pantauan Serambi kemarin, acara kemarin dihadir sejumlah pejabat, antara lain Sekda Aceh, dr Taqwallah, Ketua PKK Aceh yang juga Istri Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, Kabid Humas Polda, Kompol Winardy, Anggota DPR RI, M Nasir Djamil, serta sejumlah kepala SKPA dan pejabat lainnya.

Presiden Jokowi yang hadir dalam puncak HPN secara daring ikut menyapa para wartawan seluruh Indonesia. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada insan pers yang selama ini sudah memiliki peran di garis terdepan.Katanya, pers menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Dalam peringatan HPN ini, Jokowi pun memastikan 5.000 awak media akan ikut menjalani vaksin Covid-19.

Ketua PKK Aceh yang juga Istri Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati berharap, pada peringatan HPN yang ke-75 ini, pers dapat terus memberikan edukasi kepada masyarakat dan berperan memerangi hoaks.

"Pers harus bisa mengedukasi, terutama terkait tentang hoaks. Dimana zaman ini, teknologi sudah keniscayaan bahwa informasi bisa diakses dimana saja dan oleh siapa saja, dan yang menyebarkan berita juga bisa siapa saja,"

ujar Dyah. Oleh karena itu, peran pers dan media diharapkan dapat berperang secara cyber melawan hoaks, serta harus terus mampu memberitakan mengenai kebenaran. Sementara Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, menyampaikan, peringatan HPN tahun ini mengukir sejarah baru, karena dilaksanakan di atas Kapal Aceh Hebat 2 yang merupakan kapal kebanggaan masyarakat Aceh. Peringatan ini sekaligus memberi pesan bahwa Aceh ini merupakan daerah bahari."Kita harap hari pers bukan hanya hari kita (wartawan), tapi menjadi hari bagi seluruh masyarakat," demikian Tarmilin Usman.(mun)

 

Sumber: Aceh.tribunnews