Sejarah Gampong Detail

Sejarah Gampong Ie Masen Ulee Kareng

Gampong Ie Masen Ulee Kareng - Dari cerita historis tokoh-tokoh, Gampong Ie Masen Ulee Kareng sudah ada sejak tahun 1935 dimana pada masa itu Gampong Ie Masen Ulee Kareng berupa lahan kosong dan lahan sawah. Kata Ie Masen berarti Air Asin karena sebelah Utara Gampong terdapat sungai yang tembus ke Sungai (Krueng) Lamnyong. 

Dahulu Gampong Ie Masen Ulee Kareng termasuk dalam kemukiman Ulee Kareng Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Selanjutnya Gampong Ie Masen Ulee Kareng masuk tergabung dalam Kecamatan Syiah Kuala Kotamadya Banda Aceh. Kemudian Syiah Kuala dimekarkan (Syiah Kuala dan Ulee Kareng) sehingga Gampong Ie Masen Ulee Kareng sampai sekarang masuk dalam Kemukiman Simpang Tujuh Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Dari informasi yang diperoleh tersebut bahwa dikuasai oleh beberapa orang dengan pembagian wilayah sebagai berikut :

Berdasarkan pemetaan pertanahan, tanah Gampong Ie Masen Ulee Kareng memiliki 2 status kepemilikan antara lain; milik dan milik adat terdiri dari tanah dan bangunan, rawa-rawa (tambak ikan), dan lahan kosong (lahan hijau).